Tips Mengatur Baju dengan Rapi dalam Lemari Hanya 30 Menit

Mumet dengan timbunan baju di dalam lemari? Atau, bosan dengan kegiatan bersih-bersih lemari yang tidak kunjung kelar?

Mungkin kamu butuh mengatur, merapikan, dan menyortir tumpukan baju dengan benar. Ada cara mudah yang sebenarnya bisa kalian lakukan tanpa perlu menguras waktu yang lama.

Cukup 30 menit untuk solusi lemari rapi, ikuti saja cara berikut agar koleksi baju dalam lemari teratur dan mudah ditemukan saat diperlukan.

1 Menit: Kumpulkan Dulu “Senjata”

Sebelum mulai kegiatan merapikan lemari baju, kumpulkan dulu benda-benda yang akan membantumu atau “senjata” andalan berupa beberapa kotak kardus bekas berukuran sedang atau plastik berukuran besar.

Bagi menjadi beberapa kategori yang kamu rasa sesuai, misalnya “donasi” untuk pakaian yang tidak akan digunakan lagi, lalu “teman/keluarga” jika masih cukup baru dan dirasa cocok untuk orang kesayangan, misalkan baju ibu hamil atau pakaian formal yang jarang digunakan.

Untuk mempermudah acara bersih-bersih lemari baju, siapkan alat bersih-bersih mulai dari kain lap, sapu, pel, dan vacuum cleaner jika ingin lebih cepat bersih dalam seketika.

3 Menit: Keluarkan Semua Baju yang Ada

Daripada langsung dikeluarkan dan ditumpahkan di lantai, taruh semuanya di tempat tidur dan sekalian pisahkan sesuai kategori. Misalkan khusus atasan, bawahan, dan baju dalam. Pastikan semua laci-laci dalam lemari juga sudah bersih dan semua isinya dikeluarkan.

3 Menit: Mulai Bersih-Bersih

Lemari baju sudah kosong, kamu pun siap memulai sesi bersih-bersih! Mulai dari mengelap semua bagian lemari, termasuk ambalan, bagian dalam laci, dan pintu luar. Jangan lupakan bagian gantungan atau kolong lemari.

3 Menit: Kaji Ulang Lemari

Sebelum meletakkan kembali baju yang masih menumpuk di atas tempat tidur, kaji ulang pembagian dan penempatannya dalam lemari pakaian. Masih dalam posisi kosong, bayangkan bagaimana mengelola ruang yang ada seefisien mungkin.

Mungkin selama ini akses pakaian yang sering kamu pakai kurang ideal? Atau malah, baju yang tidak perlu digantung malah memenuhi rak gantung?

Kembali lagi kepada preferensi dan pengaturan yang bisa kamu personalisasi sendiri, pastikan sistem pengaturan baju dalam lemari sudah sesuai dan terpikir dengan matang.

15 Menit: Mulai Sortir Baju

Tahap ini bisa saja memakan waktu lebih dari 15 menit, apalagi jika kamu sulit menentukan baju mana yang harus disimpan dan mana yang harus diucapkan selamat tinggal.

Banyak tips yang bisa kalian lakukan untuk mempermudah proses ini, misalnya meminta bantuan teman atau saudara, hingga menggunakan metode Konmari oleh Marie Kondo yang sudah terkenal ampuh. Prinsipnya, usahakan hanya menyimpan baju yang benar-benar berfaedah, membuat kamu senang dan percaya diri.

Tetap gunakan pengelompokan sesuai jenis pakaian dan mulailah tempatkan kembali ke dalam lemari. Masukkan dengan cara dilipat atau digantung sesuai kebutuhan.

5 Menit : Finishing & Beres Total

Untuk 5 menit terakhir, pastikan semua isi lemari dilipat dan digantung atau tertata rapi, termasuk juga bagian dalam laci-laci yang dikembalikan sediakala. Setelah selesai merapikan lemari, bereskan semua “senjata” dan siapkan kotak penuh baju bekas untuk didonasikan atau diberikan ke orang lain.

Bagaimana? Siap untuk terima tantangan lemari rapi dalam 30 menit? Mulai rapikan baju dalam lemari dan rawat agar selalu tertata rapi, ya.