Inspirasi Dekorasi Ruang Bermain Anak Yang Bikin Anak Semangat

Ciptakan ruang bermain yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Menciptakan desain dan menghadirkan dekorasi ruang bermain untuk si kecil tidak boleh sembarangan, sebab ruang bermain juga menjadi ruang belajar si kecil dalam mengetahui banyak hal soal dunia. Ruang bermain harus mampu mengakomodasi segala kegiatannya agar imajinasi si kecil tak terbatas dan bisa tereksplor dengan baik.

Bagaimana cara mendekor ruang bermain? Apa saja yang harus ada? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini dan ajak sang buah hati untuk ikut mendekor, ya!

Siapkan tenda kecil

Jika melihat model ruang bermain dari luar negeri, penggunaan tenda kecil sering dijumpai. Biasanya tenda ini digunakan untuk bermain camping, membaca buku di tengah kegelapan dengan senter, dan lainnya.

Pilihlah tenda kecil yang sesuai dengan ukuran tubuh anak kamu. Paling tidak, tenda bisa memuat dua orang. Mana tahu, si kecil membawa temannya untuk bermain bersama dan tenda bisa digunakan untuk tidur malam juga.

Hadirkan rak penyimpanan sebagai rumah mainan

Rasanya kurang lengkap bila di sebuah ruang bermain tidak ada rak & penyimpanan. Rak berguna untuk menyimpan koleksi mainan si kecil.

Ajarkan si kecil untuk mulai mandiri sejak awal dengan merapikan mainannya ke dalam rak penyimpanan usai bermain. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa langsung merapikan kamar berantakan dan menjadi kebiasaan yang berguna sampai ia besar nanti.

Jaga keamanan si kecil dengan playmat

Kenyamanan dan keamanan jadi hal utama yang harus ada dalam sebuah ruang bermain. Si kecil bisa betah bermain di areanya serta kamu tak takut si kecil terbentur lantai rumah jika ia tersandung.

Letakkan playmat atau karpet yang terbuat dari material halus sebagai tempat anak bermain. Kamu boleh menggunakan karpet plastik atau karpet bulu. Namun, perhatikan beberapa hal. Pastikan karpet plastik tidak mengandung unsur BPA. Bersihkan karpet bulu secara rutin karena tekstur bulu membuka potensi besar kuman dan bakteri berkembangbiak.

Sediakan kursi dan meja kecil

Bermain tidak melulu harus duduk di kursi lesehan. Terkadang, beberapa permainan mengharuskan si kecil untuk duduk, seperti bermain masak-masakan atau nge-teh bersama teman-temannya.

Pastikan kursi yang kamu beli cukup kuat untuk menopang berat badannya. Sediakan lebih dari satu kursi. Tak hanya kursi, meja juga diperlukan untuk si kecil bermain dan menggambar. Meja dan kursi harus memiliki ketinggian yang saling mendukung. Usahakan meja tidak terlalu rendah atau tinggu bagi si kecil agar lehernya tidak mudah pegal.

Gunakan mainan yang aman

Di pasaran banyak yang menjual mainan dengan aneka bahan. Namun, kamu harus selektif. Meskipun harganya murah, bukan berarti bahan mainan yang digunakan aman, seperti bahan katun untuk boneka. Belilah mainan untuk si kecil bermain di toko-toko mainan yang terpercaya. Dengan membeli di sana, kemungkinan bahan mainan berbahaya lebih kecil dibandingkan di toko murah.