8 Peralatan Kantor Yang Wajib Ada di Tempat Usaha

Sebelum membuka tempat usaha, pastikan kamu membuat daftar apa saja yang harus disiapkan. Ada banyak hal yang harus kamu siapkan agar kegiatan usaha dapat berjalan lancar. Selain tempat dan izin mendirikan usaha, kamu sebaiknya menyiapkan aneka peralatan kantor untuk mendukung operasional harian.

Mulai dari kebutuhan utama seperti furniture, Kania akan membahas berbagai peralatan kantor yang sebaiknya kamu siapkan saat membuka usaha. Untuk lengkapnya, mari kita simak lima peralatan kantor berikut ini!

Perabot

Perabotan merupakan salah satu peralatan kantor yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum usaha dijalankan. Jika usaha yang dijalankan merupakan perkantoran biasa, desain ruang kerja untuk memuat berbagai perabot wajib kantor seperti kursi kantor ergonomis, meja kantor, dan lemari arsip supaya dapat memfasilitasi pekerjaanmu.

Lain hal lagi bila peralatan kantor yang dimaksud ditunjukkan untuk kamu yang membuka usaha makanan atau minuman. Selain menyiapkan desain dapur kecil yang memadai untuk koki, kamu juga perlu menyiapkan perabot untuk pelanggan menyantap seperti meja dan kursi makan.

Dekorasi dan Aksesoris

Selain peralatan kantor berupa perabotan seperti di atas, penggunaan dekorasi dan aksesoris di tempat usaha juga sangat diperlukan. Mulai dari peralatan kantor fungsional seperti tempat sampah pada setiap sisi ruangan, jam dinding atau jam meja, tempat tisu berikut isinya, dan steker listrik, hingga sarana hiburan sederhana seperti speaker dan pot tanaman hias.

Perangkat Komputer

Di era modern sekarang, keberadaan komputer sebagai peralatan kantor dapat membantu memudahkan berbagai kegiatan usaha. Dengan menggunakan laptop atau komputer, kamu bisa menghitung anggaran operasional secara lebih detail, menyimpan kontrak atau dokumen digital, membuat sarana promosi hingga update jejaring sosial terkait akun bisnis yang kamu jalankan.

Mesin Kasir atau Kalkulator

Dalam bisnis, aktivitas hitung-menghitung uang harus dilakukan secara akurat. Terutama jika usahamu berupa bisnis jual beli, siapkan peralatan kantor berupa mesin kasir supaya penjualan dan pendapatan bisnismu dapat dihitung secara mudah.

Jika tak ingin repot, kamu bisa memanfaatkan tablet dengan software khusus sebagai mesin kasir yang biasanya telah dilengkapi alat print berkoneksi bluetooth ukuran mini. Jika modalmu belum cukup, peralatan kantor berupa alat hitung sederhana seperti kalkulator bisa kamu gunakan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan arus keuangan.

Alat Tulis

Meskipun pencatatan dokumen dapat dilakukan melalui perangkat komputer atau laptop, namun peralatan kantor berupa alat tulis tetap kamu butuhkan. Jadi, segera stok aneka alat tulis seperti pulpen, pensil, stapler, buku catatan, map arsip, penjepit kertas hingga sticky notes.

Peralatan Komunikasi

Peralatan kantor selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah sejumlah alat untuk berkomunikasi. Untuk komunikasi yang dilakukan secara online, kamu dapat menyiapkan jaringan internet dengan speed yang memadai supaya proses komunikasi berjalan lancar. Selain itu, siapkan pula peralatan kantor lainnya seperti peralatan surat-menyurat, kartu nama, brosur promosi serta sambungan telepon berupa pesawat telepon atau ponsel khusus usaha.

Mesin Absensi

Jadwal kerja karyawan dapat menentukan keberlangsungan bisnis yang sedang kamu rintis. Jika kamu memiliki karyawan dengan jumlah yang cukup banyak, kamu bisa mengontrol kinerja karyawan secara praktis menggunakan peralatan kantor berupa mesin absensi yang biasanya bekerja menggunakan sensor sidik jari.

Kotak P3K

Terakhir adalah peralatan kantor berupa kotak P3K yang bisa kamu gunakan dalam keadaan darurat. Di dalam kotak P3K tersebut, kamu bisa menyiapkan sejumlah obat-obatan standar, plester, kapas, alkohol hingga cairan antiseptik.

Apapun jenis usaha yang kamu jalankan, delapan peralatan kantor di atas harus kamu persiapkan karena dapat mendukung operasional bisnismu. Yuk, siapkan peralatan kantor untuk usahamu sekarang juga!