8 Ide Kreatif untuk Menata Koleksi Tanaman Interior Rumah

Tanaman indoor banyak dipilih orang-orang untuk menghiasi interior rumah mereka. Selain mudah didapat, tanaman juga murah harganya. Keberadaannya juga tidak sakadar sebagai penyegar mata, tetapi juga penyegar udara.

Sayangnya selain sisi positifnya ini, tanaman juga bisa membawa masalah. Beberapa jenis tumbuhan yang rumit perawatannya justru akan membuat Anda kerepotan. Belum lagi jika salah penataan malah akan membuat ruangan tampak berantakan seperti hutan rimba. Lantas, bagaimana trik menata koleksi tanaman Anda agar tetap tampil seperti yang Anda inginkan?

Menggantung Tanaman di Atas Langit-langit

Ide ini mungkin terdengar liar untuk Anda. Akan tetapi percayalah, dengan eksekusi yang tepat, ruangan Anda akan tampil semakin segar sekaligus menarik. Jika tidak percaya diri mengurus tanaman hidup, Anda bisa menggantinya dengan tanaman kering indoor lainnya ataupun tanaman artifisial.

Sebarkan Tanaman di Berbagai Sudut

Jika Anda memiliki ruangan dengan interior serba putih dan jendela-jendela besar seperti ruangan di atas, Anda bisa menggunakan banyak jenis tanaman sekaligus. Letakkan di berbagai sudut, di atas meja, di depan pintu, atau digantung untuk memberi kesegaran dari setiap sudut ruangan. Dengan begini Anda berhasil menciptakan taman asri di dalam rumah.

Gunakan Satu Tanaman Besar Saja

Sesuatu yang besar terkadang lebih berefek dan “kelihatan”. Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan hijau, namun tidak ingin ruangan tampak terlalu rimbun. Pilih satu pot tanaman hias berukuran besar dan letakkan di sudut yang mudah terlihat seperti desain ruang tamu di atas.

Rak Dinding Cantik untuk Menyimpan Koleksi

Jika tanaman yang Anda miliki berukuran mungil dengan pot-pot minimalis yang kecil, memanfaatkan rak dinding bisa jadi pilihan cerdas. Tambahkan dekorasi lain berupa koleksi buku atau patung agar tidak terkesan seperti rak di kebun belakang rumah.

Manfaatkan Area di Dekat Jendela

Tanaman pada dasarnya memerlukan cahaya matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Area yang berada di dekat jendela akan menjadi lokasi sempurna untuk menjaga tanaman koleksi Anda tetap mendapat asupan cahaya dengan baik.

Tanaman Hias dengan Pot-pot Gantung Mungil

Apabila Anda kehabisan area di lantai ataupun di atas meja untuk meletakkan tanaman, ide taman menggantung seperti desain di atas boleh dicoba. Gunakan ikatan tali dengan teknik simpul makrame agar tampilannya semakin menarik.

Koleksi Tanaman Sebagai Pembatas Ruangan

Jika rumah Anda menggunakan konsep open plan, inilah kesempatan Anda untuk membuat divider atau pembatas ruangan yang unik. Caranya, cukup letakkan rak simpel yang diisi berbagai jenis tumbuhan untuk memisahkan satu ruang dengan ruangan lainnya.

Manfaatkan Sudut Favorit Anda

Punya sudut kesukaan yang sering Anda jadikan sebagai tempat untuk bersantai, membaca buku, atau sekadar bercengkrama dengan anggota keluarga? Buat suasana semakin semarak dengan meletakkan koleksi tanaman Anda. Selain tidak memakan banyak ruang, tumbuhan hijau ini akan membuat sudut favorit Anda semakin menyenangkan.

Tanaman hijau sebagai hiasan dalam ruangan dipercaya dapat membuat suasana lebih hidup. Anda akan merasakan bedanya apabila sudah terbiasa ada tanaman dalam rumah, kemudian meniadakannya. Pasti ruangan tersebut terasa kosong dan butuh diisi tanaman lagi. Anda bisa menggunakan tanaman artifisial atau imitasi kalau tidak ingin ribet dalam perawatannya.