8 Cara Kreatif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Bagi penggemar film Harry Potter, Anda pasti sangat tahu di mana Paman Vernon menempatkan kamar Harry. Ya, di bawah tangga. Ide ini ternyata semakin banyak digunakan, apalagi untuk desain tangga dalam rumah yang sempit. Daripada membiarkan kolong tangga kosong begitu saja, ada banyak cara untuk memanfaatkannya.

Nah, jika rumah Anda tidak begitu luas dan Anda memerlukan ruang lebih untuk berbagai keperluan, kelebihan ruang di bawah tangga ini bisa Anda maksimalkan. Simak contohnya lewat desain-desain menarik berikut ini!

Lemari di Bawah Tangga

Koleksi pakaian yang sangat banyak terkadang tidak muat lagi dimasukkan ke dalam lemari di kamar. Bagaimana jika menyulap ruang kosong di bawah tangga menjadi lemari yang minimalis seperti contoh di atas? Tidak hanya koleksi t-shirt, jas, atau gaun yang jarang digunakan juga bisa Anda gantungkan di dalamnya.

Rak Buku di Bawah Tangga

Banyak orang menjadikan kolong bawah tangga rumahnya sebagai rak. Anda bisa memanfaatkan rak bawah tangga ini untuk menyimpan buku koleksi Anda dan keluarga. Desainlah rak dengan model yang unik sehingga tampilannya tidak monoton. Karena rak buku biasanya tidak memiliki penutup, usahakan untuk selalu menjaga koleksi tetap rapi agar ruangan tidak tampak berantakan.

Ruang Baca di Bawah Tangga

Jika bagian bawah tangga Anda cukup luas, tidak hanya rak, Anda bahkan bisa menjadikannya sebagai ruang baca. Cukup menambah pencahayaan dan alas duduk yang empuk, maka bagian bawah tangga rumah Anda berubah menjadi pojok favorit seluruh penghuni rumah.

Kolong Bawah Tangga sebagai Ruang Kerja

Ruang kerja adalah bagian yang sangat penting, terutama jika Anda bekerja dari rumah. Sayangnya, tidak semua rumah memiliki cukup ruang untuk meja kerja. Saatnya mengakali bagian bawah tangga rumah Anda dan menyulapnya menjadi sudut yang paling nyaman. Pojok kerja yang nyaman akan membuat waktu kerja atau belajar Anda jadi tak terasa.

Pantry di Bawah Tangga

Kebanyakan orang meletakkan stok bahan makanan di ruangan yang posisinya dekat dengan dapur. Kini, tak ada salahnya memindahkan pantry ke bagian bawah tangga. Jika cukup luas, Anda bahkan bisa menjadikannya sebagai ruangan penyimpanan kecil dengan rak seperti di supermarket.

Utility Room di Bawah Tangga

Ruang utilitas adalah ruangan yang biasa digunakan untuk meletakkan mesin cuci dan berbagai perlengkapan bersih-bersih rumah seperti kain pel, sapu, dan botol produk pembersih. Ruang utilitas biasanya dibangun di dekat dapur atau kamar mandi. Namun, bukan berarti Anda tak bisa memaksimalkan ruangan di bawah tangga sebagai ruang utilitas seperti ide yang satu ini.

Toilet di Bawah Tangga

Fungsi lainnya yang bisa Anda letakkan di bawah tangga adalah toilet. Dengan meletakkannya di bawah tangga, tamu yang datang pun bisa dengan mudah mengaksesnya.

Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga

Untuk menghindari rumah berantakan, banyak orang tua ingin memberikan ruangan khusus bermain bagi anak-anaknya. Jika Anda masih belum tahu akan meletakkannya di mana, bagian bawah tangga bisa Anda maksimalkan. Tambahkan ventilasi dan penerangan yang cukup agar tidak pengap di dalamnya.

Keterbatasan ruang akan memicu kreativitas. Tentunya Anda akan menemukan pemanfaatan ruang di bawah tangga lebih maksimal lagi sesuai dengan kebutuhan. Paling mudah memang mengubah kolong tangga menjadi ruang penyimpanan ekstra. Kalau ingin rapi dengan cara yang hemat, Anda bisa memasang tirai untuk menutupi tumpukan barang. Selamat mencoba.