7 Rumah Paling Keren Dengan Desain Industrial yang Super Stylish

Sudah tidak asing bagi Anda pecinta dunia interior desain dengan istilah desain minimalis atau skandinavian. Gaya lain yang tidak kalah popular adalah industrial. Gaya arsitektur ini berkembang di Eropa ketika banyak bangunan bekas pabrik yang tidak terpakai.

Dari ketidaksengajaan, konsep industrial menjadi sebuah tren yang sangat populer belakangan ini. Mulai dari gedung perkantoran, kafe, sampai rumah industrial minimalis pun bermunculan. Tembok-tembok tanpa finishing serta menggunakan beragam warna alami pada material. Menampilkan pesona tersendiri yang membuat rumah industrial kecil terasa stylish dan keren. Penasaran seperti apa? Simak beberapa contoh desainnya berikut ini!

Loft Bergaya Abad ke-17 di Paris

Loft milik penulis sekaligus desainer asal Prancis, Daniel Rozensztroch adalah sebuah pabrik manufaktur bekas abad ke-17 yang berlokasi di Marais. Sederet lemari besi kuno menjadi pemisah. Arsitek Dominique Perrault dan perancang Gaëlle Lauriot-Prévost mendesain lampu gantung berbentuk tabung di atas meja makan, yang menyerupai lampu kereta bawah tanah tua.

Gudang yang Disulap Jadi Hunian di Barcelona

Sesuai dengan konsep awal ditemukannya gaya industrial, arsitek Masaaki Higashi dan istrinya membangun sebuah hunian dari bangunan bekas gudang tua di Barcelona. Sebuah halaman menjadi pemisah antara area tinggal dengan area kerja. Untuk mengantisipasi cuaca buruk, panel dan pintu kaca di bawah kanopi segi tiga menyediakan sebuah lorong tertutup untuk akses jalan.

Loft 3 Lantai di San Fransisco

Arsitek dan pengrajin logam Christi Azevedo asal Kota San Francisco mengubah ruang ketel batu bata seluas 9 meter persegi — dari tahun 1916 — menjadi wisma seperti loteng. Dia memaksimalkan ruang vertikal sebaik-baiknya. Gedung itu pun menjadi sebuah proyek rumah mungil dengan hasil menakjubkan.

Rumah Super Nyaman di Tribeca

Pada tahun 2013, desainer interior Mark Berryman membeli dan merenovasi sebuah apartemen di sebuah bangunan pabrik tahun 1864 di tepi barat Manhattan. Dia merobohkan beberapa partisi dan mengangkat langit-langit untuk menciptakan ruang seluas 167 meter persegi.

Bangunan dengan Panel Beton di Chicago

Di salah satu pusat industri terakhir di West Town, Kota Chicago, arsitek Martin Felsen dan Sarah Dunn dari Urban Lab menciptakan ruang tinggal sekaligus tempat kerja. Mereka mengangkat konsep modern yang menampilkan sisa sejarah tempat tersebut dalam bentuk dan fungsi yang apik. Panel beton jenis Pracetak Dukane diukir dengan asam untuk tampilan yang lebih sempurna.

Loft Industrial Minimalis di Kopenhagen

Morten Bo Jensen, kepala desainer di Vipp — yang kantor pusatnya berlokasi di Islands Brygge — berkolaborasi dengan desainer grafis Kristina May Olsen. Mereka membeli ruang loteng di bekas pabrik pensil Viking pada 2011. Keduanya membeli loteng dari pemilik sebelumnya, satu dari lima investor yang membeli bangunan pabrik sekitar tahun 1910. Sekira satu dekade yang lalu, dalam keadaan terbengkalai dan menyulapnya jadi loft yang apik.

Rumah Sekaligus Tempat Bekerja Bergaya Industrial

Beverly O’Mara, seorang seniman dan guru, bersama Mark Uriu, pemilik perusahaan pengecatan dan penyelesaian perumahan, membutuhkan tempat untuk bekerja dari rumah. Jadi, pada tahun 2014 pasangan ini mulai mentransformasikan loteng seluas 250 meter persegi. Lokasinya di Wells Fargo, yang terkenal dengan sejarah transportasi kereta kudanya. Ditambah, sebagai bagian dari Kota Jersey, New Jersey, yang menjadi studio seni dan tempat tinggal yang fleksibel.

Bukan hal yang mustahil untuk menyulap bangunan tua menjadi hunian bergaya industrial kekinian. Setelah mengintip 7 ide di atas, Anda bebas berkreasi dengan kreativitas sendiri.