7 Dekorasi Rumah Minimalis yang Pasti Bikin Betah

Mendekorasi rumah mungil bisa sangat membingungkan sekaligus menyenangkan. Rumah mungil juga bisa didekorasi sedemikian rupa agar Nampak cozy dan elegan. Bukan dengan dekorasi rumah dengan harga selangit, melainkan dekorasi rumah sederhana saja. Ya, kamu hanya perlu memilih dekorasi rumah sederhana yang mampu menciptakan ilusi mata dan efisien tempat.

Masih bingung dengan dekorasi rumah sederhana yang bisa menciptakan ilusi mata dan efisien? Yuk, simak daftar dekorasi rumah sederhana yang wajib kamu miliki persembahan Kania berikut ini!

  1. Dinding berwarna cerah

Dekorasi rumah sederhana berupa warna dinding yang cerah dapat menciptakan suasana yang nyaman dan efek ruangan yang lebih besar. Warna-warna yang tepat untuk menghiasi dinding rumah mungil adalah putih, krem, atau biru muda.

Jika kamu kesulitan untuk mengubah warna dinding, cobalah untuk menggantungkan hiasan dinding atau lukisan berukuran sedang yang memiliki warna cerah pada dinding yang paling luas sebagai dekorasi rumah sederhana.

  1. Meja dan kursi tembus pandang sebagai dekorasi rumah sederhana

Saat memilih meja dan kursi untuk dekorasi rumah sederhana, pilihlah yang menggunakan material tembus pandang berkualitas seperti akrilik. Meski tembus pandang dan terlihat rapuh, kenyataannya material akrilik ini cukup kuat untuk menahan beban di atasnya.

Meja dan kursi yang tembus pandang ini akan menciptakan ruangan mungil terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya karena kamu bisa melihat benda-benda yang ada di balik meja dan kursi tersebut.

  1. Pajang cermin

Bicara tentang rumah, dekorasi rumah sederhana dan yang paling mudah untuk digunakan adalah cermin. Cermin dalam ukuran dan bentuk apa pun dapat menciptakan ruang mungil terlihat lebih besar hingga 2 kali lipat. Cara meletakkan cermin dalam ruangan mungil pun sangat mudah. Kamu bisa menggantungkannya di dinding atau meletakkannya di atas meja pajangan dengan catatan lokasi tersebut tidak mudah dijangkau anak agar tidak terjadi kecelakaan.

Agar terlihat serasi dengan interior ruangan, pilihlah cermin dengan bingkai yang warnanya senada dan bentuknya sesuai dengan gaya ruangan. Dekorasi rumah sederhana yang satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di pusat perbelanjaan atau pun toko online, seperti dekoruma.

  1. Gunakan furnitur berukuran kecil

Hindari menggunakan furnitur berukuran besar untuk dekorasi rumah sederhana di dalam rumah, apalagi rumah mungil, meski kamu sangat menyukai desainnya. Furnitur berukuran terlalu besar di dalam rumah sudah pasti akan membuat rumah terasa sesak dan penuh.

Sebaiknya gunakan furnitur berukuran kecil yang disesuaikan dengan ukuran ruangan. Kunci utama pada saat memilih furnitur ini adalah memastikan jika sofa, kursi, dan meja kopi ini diletakkan di satu ruangan, masih ada ruang yang tersisa di bagian tengah.

  1. Letakkan ottoman sebagai dekorasi rumah sederhana

Ottoman biasanya hadir dalam ukuran kecil atau sedang. Fungsi dari ottoman ini sebenarnya adalah sebagai sandaran kaki atau tempat meletakkan gelas atau majalah di sebuah ruangan. Namun, permukaan ottoman yang empuk ini juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk tambahan.

Ottoman juga bisa dipindahkan dengan mudah ke tempat yang diinginkan karena ukurannya kecil dan beratnya tidak berlebihan. Sangat cocok sebagai dekorasi rumah sederhana untuk ruang keluarga mungil milikmu!

  1. Terapkan garis horizontal di dekorasi rumah sederhana

Tahukah kamu mengenai ilusi mata menggunakan garis? Garis vertikal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi, sedangkan garis horizontal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Nah, untuk ruangan yang cenderung mungil, terapkanlah motif garis horizontal sebagai dekorasi rumah sederhana.

Motif garis horizontal ini bisa digunakan pada dinding. Untuk warna garisnya, pilihlah warna aman seperti hitam dan putih. Tapi jika kamu berani bereksperimen menggunakan warna lain, mengapa tidak?

  1. Menciptakan dekorasi rumah sederhana dengan mengekspos langit-langit rumah

Rumah sederhana biasanya memiliki langit-langit yang rendah juga. Hal ini bisa membuat rumah terasa semakin kecil dan sempit sehingga para penghuni rumah merasa tidak nyaman untuk beristirahat. Dekorasi rumah sederhana berikutnya yang bisa kamu terapkan di rumah mungil adalah mengekspos langit-langit rumah.

Maksudnya bukan membiarkan bagian atas rumah terbuka tanpa atap loh ya, melainkan membuka penutup langit-langit dan membiarkan tiang-tiang penyangganya terlihat. Dengan cara ini rumah mungilmu dijamin akan terasa lebih luas. Selain itu, dengan dekorasi seperti ini tikus-tikus akan kesulitan untuk bersarang di dalam rumahmu. Pas kan, untuk kamu yang sedang mencari cara mengusir tikus yang aman?