6 Inspirasi Desain Kamar Mandi Bawah Tangga, Mungil Nan Nyaman

Manfaatkan area kosong di bawah tangga menjadi ruang penyimpanan berupa rak buku ataupun lemari untuk menyimpan berbagai macam barang dalam rumah. Kamu juga bisa mencoba hal baru dengan menghadirkan kamar mandi bawah tangga, terutama jika rumah sering kedatangan tamu atau penghuni rumah sering berebut kamar mandi.

Walaupun terbilang mungil, kamar mandi bawah tangga bisa ditata dan didesain sedemikian rupa agar dapat nyaman digunakan layaknya kamar mandi pada umumnya. Intip saja beberapa inspirasinya berikut untuk menghadirkan kamar mandi tambahan dalam rumah dengan memanfaatkan ruang bawah tangga.

Kamar mandi bawah tangga dengan penataan keramik horizontal

Kamar mandi bawah tangga yang berukuran mungil bisa terlihat lebih luas berkat keramik bermotif garis horizontal pada lantai atau dindingnya. Selain itu, gunakan wastafel berbentuk ramping untuk menghemat tempat. Apabila hendak menggunakan shower, pilihlah pembatas yang tembus pandang agar kamar mandi bawah tangga ini tidak terkesan sempit.

Kamar mandi bawah tangga dengan furnitur ‘melayang’

Penggunaan rak melayang bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih lega. Hal ini juga berlaku pada pemilihan peralatan kamar mandi bawah tangga, seperti wastafel dan kloset duduk.

Selain terlihat lebih minimalis dan modern, desain kamar mandi bawah tangga ini akan memudahkan kamu saat ingin melakukan rangkaian cara membersihkan kamar mandi dengan lebih leluasa. Tambahkan lukisan cantik di dinding sebagai dekorasi yang tidak memakan ruang.

Kamar mandi bawah tangga yang terang benderang

Bayangkan apabila kamu berada di ruangan kecil dengan penerangan seadaanya dan sirkulasi udara terbatas? Terutama bagi kamu yang mempunyai fobia terhadap ruangan sempit, itulah alasan mengapa kamu harus memastikan sistem pencahayaan yang baik pada kamar mandi bawah tangga.

Selain memberikan penerangan yang merata ke seluruh ruangan, desain kamar mandi bawah tangga ini juga memasang cermin dengan lampu LED sebagai bingkainya. Jangan lupa, lengkapi ruangan ini dengan lubang udara atau exhaust fan untuk memastikan sirkulasi udara yang lancar.

Kamar mandi bawah tangga dengan ilusi cermin

Ada banyak cara untuk membuat kamar mandi bawah tangga mungil terlihat lebih lega, salah satunya adalah memanfaatkan ilusi cermin. Bukan hanya cermin yang terpasang di atas wastafel, kamu bisa memanfaatkan salah satu dinding agar dipenuhi ubin keramik cermin seperti inspirasi di atas.

Desain kamar mandi bawah tangga ini tak hanya terlihat modern, kamu pun dapat mandi dengan nyaman dalam ruangan yang terasa lebih lega karena ilusi cermin dalam ruangan.

Hadirkan spot yang menarik dalam kamar mandi

Ukuran mungil tidak boleh menghalangi sebuah kamar mandi bawah tangga untuk tampil menarik. Meletakkan dekorasi akan membuat ruangan semakin sempit. Oleh karena itu, gunakan keramik kamar mandi cantik nan minimalis seperti motif segitiga atau persegi.

Keramik berbentuk segi enam untuk dinding juga merupakan ide yang bagus! Tambahkan beberapa pot tanaman yang tersebar dalam kamar mandi bawah untuk menambah keasrian sekaligus menjadi dekorasi.

Hemat ruang dengan bathtub tanam dan pot tanaman hias

Bagi kamu yang suka koleksi tanaman hias, mungkin inspirasi desain kamar mandi bawah tangga ini bisa jadi bahan pertimbangan. Tempatkan pot-pot tanaman hijau di berbagai sudut ruangan seperti area rak dekat cermin wastafel dan meja penyimpanan peralatan mandi.

Ingin memiliki bathtub yang lengkap dengan pancuran supaya lebih rileks saat mandi tapi tinggi plafon terbatas? Sebaiknya kamu terapkan bak mandi yang modelnya ditanam di permukaan lantai. Dengan begitu, kamu juga bisa berdiri dengan nyaman saat menggunakan pancuran air.

Ternyata tidak sulit untuk memiliki kamar mandi bawah tangga yang mungil tapi tetap terasa nyaman. Apapun pilihan desain kamar mandi bawah tangga yang akan kamu terapkan nanti, pertimbangkan juga saluran pembuangan airnya. Kamu tidak ingin air merembes ke ruangan di sekitarnya, bukan?