6 Ide Desain Kamar Kos Mungil Sederhana dan Keren

Kamar kos biasanya disewa para mahasiswa dan karyawan, yang pada umumnya memang desainnya kurang eye-catching. Asal memiliki fasilitas yang cukup dan nyaman, maka tidak ada hal lain yang diperlukan. Padahal, meskipun hanya ditinggali sementara, desain kamar mungil yang personal bisa membuat Anda lebih nyaman tinggal di kosan. Jadi, alih-alih hanya pasrah dengan desain kamar tidur minimalis yang disediakan oleh pengelola kos, bagaimana kalau Anda mencoba sedikit bereksperimen. Simak beberapa ide, tips, dan trik berikut ini untuk mengubah desain kos simpel Anda menjadi semakin menarik.

Ciptakan Ruang Lebih dengan Meninggikan Ranjang

Permasalahan yang kerap dihadapi anak kos adalah terbatasnya ruang yang tersedia. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan konsep loft. Anda hanya tinggal memposisikan ranjang menjadi lebih tinggi mendekati langit-langit. Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang lebih di bawahnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan meja kerja atau sekadar koleksi buku di sana.

Manfaatkan Kolong Ranjang sebagai Tempat Penyimpanan

Jika membuat ranjang dengan konsep loft terlalu merepotkan, Anda masih bisa menggunakan ide lain, yakni meletakkan tempat penyimpanan di kolong ranjang. Laci-laci kecil tidak hanya cukup untuk menyimpan majalah dan buku, tetapi bahkan pakaian Anda.

Jadikan Ranjang sebagai Focal Point

Selain memberikan sentuhan personal ke dalam kamar kos, memilih satu objek sebagai pusat di dalam kamar atau focal point adalah hal yang tidak kalah penting. Ranjang misalnya, bisa Anda tata sedemikian rupa dengan memilih seprai cantik atau sarung bantal yang lucu sebagai pemanis. Selain nyaman untuk beristirahat, ranjang ini akan mengalihkan pandangan orang saat pertama kali memasuki kamar kos Anda.

Jangan Ragu Memberikan Sentuhan Personal

Meski statusnya adalah tempat tinggal sementara, jangan biarkan kamar kos Anda terasa asing. Langkah agar kamar kos terasa nyaman seperti di rumah sendiri adalah dengan memberikan sentuhan personal. Bisa dengan memajang foto-foto anggota keluarga, hewan peliharaan, atau membawa pajangan yang akan mengingatkan Anda pada hangatnya rumah.

Gunakan Perabotan dengan Kaki Terbuka

Trik berikutnya yang bisa Anda coba untuk membuat ruangan terasa lebih luas adalah dengan membeli perabotan yang memiliki kaki terbuka. Jadi, alih-alih sofa yang terlihat padat dan penuh, pilihlah kursi kayu dengan kolong terbuka. Anda juga bisa memilih meja kerja dengan desain serupa untuk memberikan efek lega ke dalam kamar kos Anda.

Pilih Lampu Dekorasi untuk Pemanis

Meski Anda memerlukan lampu terang untuk belajar atau memeriksa dokumen, ada kalanya Anda juga hanya ingin bersantai di dalam kamar. Mengatur mood agar suasana hati lebih tenang bisa dilakukan dengan memilih pencahayaan. Anda bisa memilih lampu-lampu kecil yang berkelap-kelip di dinding, atau  sebuah chandelier DIY yang manis di langit-langit kamar. Pilih gaya apapun yang menurut Anda paling keren dan sesuai dengan selera.