6 Desain Pintu Pagar Terbaik Untuk Keamanan Rumah

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan saat mendesain rumah. Salah satunya adalah bagaimana desain pagar rumah. Pagar rumah merupakan bagian dari eksterior rumah yang juga memberi kesan estetik, juga sebagai proteksi dan keamanan.

Kehadiran pagar rumah sangatlah penting terutama dalam menjaga keamanan para penghuni rumah. Pagar rumah sendiri memiliki dua elemen, yaitu dinding pagar dan pintu pagar.

Saat memilih desain pintu pagar, hendaknya kamu juga memikirkan apakah keseluruhan pagar sudah benar-benar aman? Apakah desain sudah selaras dengan eksterior rumah? Secara tidak langsung, keduanya merupakan elemen-elemen rumah yang terhubung satu sama lainnya.

Agar kamu makin mendapatkan inspirasi, Kania bakal mengulas desain pintu pagar apa yang cocok untuk rumahmu. Bukan hanya selaras desainnya, tapi juga mampu menjaga keamanan penghuninya. Simak di bawah ini, yuk!

  1. Kayu horizontal yang tampak klasik

Jika eksterior rumah memiliki elemen kayu atau mengandung unsur warna alami kayu, maka kamu bisa memilih pintu pagar dari kayu yang ditata secara horizontal untuk menunjukkan gaya minimalis klasik. Pilih kayu yang tahan air, karena tidak semua kayu bisa digunakan untuk outdoor.

Kayu yang bisa digunakan sebagai pintu pagar antara lain kayu jati, kayu merbau dan kayu ulin. Namun, banyak arsitek memilih kayu merbau sebagai material pagar karena harganya yang lebih terjangkau.

  1. Desain laser cut yang estetik

Salah satu desain untuk pintu pagar yang juga tidak kalah populer adalah desain dengan menggunakan teknik laser cut. Teknik ini merupakan teknik cutting atau pemotongan menggunakan laser pada material seperti kaca, besi, logam, kayu dan masih banyak lagi.

Teknik laser cut menggunakan sistem komputerisasi sehingga kamu bisa memilih sendiri motif pada pintu pagar yang kamu inginkan. Selain aman, mengukir pintu dengan laser cut juga memungkinkan untuk rumahmu terjaga privasinya dari pandangan mata luar, asal menyesuaikan ukuran ukiran sehingga tidak terbuka lebar.

  1. Pintu pagar perpaduan besi dan kayu

Apabila kamu ingin agar pintu pagarmu tidak terlihat monoton, kamu bisa mengombinasikan dua material antara besi dan kayu secara berselingan. Selain memberikan kesan yang lebih hangat, kombinasi ini bisa memberikan efek visual pada eksterior rumah.

  1. Perpaduan pintu pagar kayu dengan kaca

Ini merupakan desain pintu pagar rumah unik yang bisa kamu terapkan jika rumahmu bertema seperti rumah bungalow atau bertema farmhouse. Pintu pagar kayu didesain dengan luas agar bisa dimasuki mobil dengan mudah, serta menjaga privasi dari luar rumah. Didominasi dengan kayu, pagar diukir dan disisipkan kaca pada sekeliling kerangka, membentuk desain futuristik yang tiada duanya.

  1. Pintu pagar rumah tersembunyi

Seperti namanya, pintu pagar rumah ini akan bisa menjaga privasimu dari pandangan orang luar. Bangunan yang mengelilingi pintu terbuat dari semen di seluruh pagar dan terdapat dua pintu kayu yang bisa dibuka di dua sisi. Desain ini akan membuat rumahmu terlihat berkelas dan elegan.

  1. Pintu tradisional Jepang

Terinspirasi dari kuil atau rumah tradisional Jepang, kamu juga bisa membawa desain ini sebagai pintu pagar rumah. Pintu pagar ini merupakan solusi terbaik buat kamu yang memiliki rumah mungil minimalis, karena tidak memakan banyak ruang saat terbuka.

Wah, setelah tahu beberapa desain menarik di atas, apakah kamu sudah siap mendesain pagar rumahmu sendiri belum?