5 Tips Pilih Bed Cover yang Tepat Untuk Iklim Indonesia

Penggunaan bed cover sudah menjadi hal yang sangat lumrah di setiap rumah, tak terkecuali di Indonesia yang notabene merupakan negara dengan iklim tropis.

Iklim tropis dengan cuaca panas hampir setiap hari tentunya akan membuat tubuh kamu sangat mudah berkeringat. Nah untuk tidur malam yang nyaman, kamu tentunya memerlukan bed cover yang sesuai untuk digunakan dalam cuaca panas di Indonesia sendiri.

Benar sekali, selain memang berpengaruh pada kenyamanan saat tidur, pemilihan bed cover yang sesuai dengan iklim sangat penting untuk kesehatan dalam jangka panjang juga. Agar jangan salah pilih, ikuti lima tips memilih bed cover yang tepat untuk iklim di Indonesia berikut.

  1. Pilihlah bed cover dengan bahan yang ringan

Tidur yang nyaman dangan lebih sejuk dimulai dengan mengganti bed cover atau comforter tebal atau yang terbuat dari bahan flanel. Bahan tebal membuat hawa panas terjebak saat comforter menutupi badan sehingga tidur menjadi tidak nyaman.

Dalam hal ini, bahan bed cover yang sesuai dengan iklim Indonesia adalah bahan linen, serat bambu, sutra dan bahan-bahan ringan lainnya. Kania menyarankan memilih bahan linen karena terbuat dari serat rami, sehingga lebih kuat dari katut dan semakin lama digunakan akan semakin nyaman jika dicuci dengan benar.

  1. Gunakan bed cover warna cerah dan menyegarkan

Jika melihat tempat tidur sekarang memiliki komposisi warna yang cenderung gelap seperti jingga tua, merah marun, atau hitam, waktunya untuk memperbarui tampilan tempat tidur dengan mengganti bed cover segera.

Buat desain kamar tidur terlihat lebih segar dengan memilih palet warna terang yang dihadirkan melalui bed cover yang sesuai. Jika ingin terasa seperti sedang liburan di pantai, pilih warna cerah yang ceria seperti kuning matahari, biru langit, dan hijau muda, ataupun putih.

Warna-warna cerah untuk bed cover ini biasanya bisa lebih menyerap panas lebih sedikit, sehingga istirahat sejenak saat siang hari pun jadi lebih nyaman. Saat malam tiba, kamu juga akan merasa lebih sejuk sehingga dijamin akan selalu mendapatkan istirahat yang cukup.

  1. Pilih material yang mudah berevaporasi

Bahan natural fiber seperti katun, serat bambu dan sutra memang sangat dianjurkan untuk bed cover. Bahan ini sangat mudah berevaporasi karena memiliki serat yang lembut dan berbahan sintesis sehingga terasa lebih sejuk dan sangat tepat digunakan untuk iklim di Indonesia yang tak menentu.

  1. Hindari menumpuk banyak layer

Berada di cuaca di Indonesia, tentunya hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah tidur di bawah tumpukan selimut tebal. Oleh karena itu coba kamu mengoleksi bed cover, comforter hingga sprei yang terbuat dari bahan yang tipis sekaligus ringan.

Tak ada salahnya mempersiapkan berbagai lapisan selimut agar bisa digunakan ketika tidur dengan segala cuaca sekalipun. Misalnya ketika cuaca tiba-tiba panas, kamu bisa menggunakan satu bed cover tipis, atau bisa menggunakan berlapis-lapis selimut ketika cuaca tiba-tiba menjadi dingin.

  1. Sesuaikan mood bed cover dengan interior kamarmu

Kondisi ruang tidur tentu saja memengaruhi bed cover seperti apa yang harus kamu pilih. Melihat dari pencahayaan ruangan serta luas ruangan dapat menjadi cara mudah untuk menentukan ukuran dari lapisan selimut yang kamu perlukan.

Jika kamarmu adalah tipe kamar yang sempit, maka gunakanlah bed cover yang tidak bermotif atau polos. Ini akan memberi kesan luas dan sejuk pada kamarmu. Hindari motif warna warni ataupun warna terlalu cerah karena akan membuat ruangan terasa lebih sumpek dan penuh.

Pemilihan material, warna, serta ukuran bed cover memang tidak boleh dipandang remeh. Jika salah pilih, bukan tidak mungkin nantinya tidurmu akan bisa terganggu. Setelah membaca tips-tips di atas, pastikan kamu sudah dapat membeli bed cover yang lebih sesuai dengan iklim Indonesia.