5 Tips Cara Memilih Cat Pelapis Anti Bocor yang Tepat dengan

Di bawah ini beberapa tips memilih cat pelapis anti bocor yang tepat. Dak merupakan bagian konstruksi yang berada di bagian paling atas bangunan dan kerap difungsikan sebagai area tambahan, seperti ruangan cuci. Walaupun dak beton menjadi favorit karena durabilitas yang unggul dan kemampuan untuk meredam panas sinar matahari, menggunakan cat pelapis anti bocor wajib hukumnya.

Mengingat Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan curah hujan yang kian tak menentu, tak ada salahnya memastikan hunian dengan dak beton lebih tahan cuaca dengan cat pelapis anti bocor. Berbekal tips-tips berikut, pilihlah cat pelapis anti bocor yang tepat bagi dak beton.

Pilih Pelapis Anti Bocor yang Tahan Terhadap Sinar Matahari

Jika dak beton di hunianmu hanya terbuat dari satu lapisan saja, pastikan kamu memilih cat pelapis anti bocor yang tahan terhadap paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan karena tidak adanya ruang penghambat panas di antara atap dan plafon sehingga penggunaan pelapis berkualitas buruk dapat mempercepat risiko kebocoran.

Pilih Pelapis Anti Bocor dengan Formula Antijamur

Saat melakukan penambalan bagian yang bocor, kamu wajib memperhatikan cara pakai cat pelapis anti bocor karena setiap produk memerlukan langkah penggunaan yang berbeda. Namun, apapun jenis cat pelapis yang kamu gunakan, pastikan kamu telah membersihkan atap terlebih dulu dengan menghilangkan jamur dan debu sehingga kekuatan rekat pelapis semakin prima.

Perhatikan Besar Keretakan Dak Beton

Dalam memilih cat pelapis anti bocor yang tepat, kamu bisa menyesuaikannya dengan besaran keretakan dak beton di hunianmu. Jika kerusakan tergolong besar, idealnya kamu turut menambahkan elemen lain seperti semen berdaya rekat tinggi serta menggunakan lapisan zat additive bonding agent. Jangan lupa, lakukan pembobokan bagian bocor pada dak beton terlebih dulu agar hasil penambalan tampak lebih rapi.

Pilih Pelapis Anti Bocor Sesuai Jenisnya

Saat ini, terdapat berbagai jenis pelapis anti bocor. Selain yang berupa cat anti bocor, ketahui tiga jenis pelapis yang umum ditemukan di pasaran untuk mengatasi kebocoran pada dak beton berikut:

Pelapis Anti Bocor Styrene Acrylic

Jika kamu mengutamakan kekuatan, silahkan pilih pelapis anti bocor dengan coating yang terbuat dari styrene acrylic karena memiliki daya tahan yang sangat prima ketimbang jenis pelapis lainnya. Meskipun demikian, sayangnya jenis pelapis ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Pelapis Anti Bocor Membrane

Jika jenis sebelumnya dinilai terlalu mahal, kamu bisa memilih pelapis anti bocor berbahan membrane dari bahan baku minyak menyerupai aspal dengan harga yang lebih ekonomis. Perbedaannya dari cat pelapis adalah ia dijual dalam bentuk lembaran yang didalamnya terdapat kandungan bahan penguat dan bahan polyester.

Pelapis Anti Bocor Cementius

Alternatif lain, kamu bisa menggunakan cat pelapis anti bocor cementius yang di dalamnya terdiri dari dua komponen bahan, yakni semen dan zat adiktif untuk mengikat beton. Dalam pengaplikasiannya, sebaiknya kamu melapisi dak beton lebih dari satu kali supaya daya rekatnya lebih baik dengan teknik berbeda arah sapuan.

Tentu saja, kamu sebaiknya memilih pelapis anti bocor dengan kekuatan yang prima serta memiliki kandungan antijamur dan antidebu sehingga tahan lebih lama. Segera atasi kebocoran dak beton dengan memilih pelapis anti bocor yang tepat!